Powered By Blogger

welcome

welcome di website pribadi ALFI ASYURA
zwani.com myspace graphic comments




e-mail : alfi_aja1989@yahoo.co.id atau alfi.asyura@gmail.com
friendster : alfi89@gmail.com




anda boleh membaca blog ini dan mengcopy nya..selamat membaca..

Minggu, 30 November 2008

Tenda Darurat Organisasi Non Formal dan Pers Mahasiswa

Organisasi non formal lahir ketika diawali dari kesadaran kritis terjalin sangat intens dikalangan para aktivis mahasiswa. Bagi yang tidak puas dengan lembaga formal para aktivis gerakan mahasiswa itu mendirikan organisasi non formal dan bekerjasama dengan organisasi pers mahasiswa. Seringkali mereka melakukan diskusi dan aksi melalui pertemuan formal dan non formal dimimbar bebas, dan tempat-tempat lain pada masa itu.

Sejarah berulang tahun kembali, organisasi intra kampus tidak lagi diminati mahasiswa mahzab progresif. Kalaupun duduk dalam kepengurusan hanya dalam rangka siasat memanfaatkan fasilitas untuk perjuangan. Begitupula organisasi kader yang selama itu tenggelam, seperti HMI-GMNI-PMKRI-GMKI,dsb. berjalan sebagai proses pembelajaran yang efektif, dan berperan lebih banyak diwilayah penempaan cultural Intelektual, serta melakukan aksi moral-ideologis sangat besar seperti pada tahun 1993 misalnya, hapuskan SDSB (Sumbangan Dana Sosial Berhadiah) bersama organisasi lainnya.

Kegelisahan sebagai orang muda akhirnya tidak dapat dibendung lagi, jatuhlah rejim Soeharto pada tahun 1998 meninggalkan jejak luka dan masalah yang sangat berat dan akut. Warisan hutang, korupsi, pelanggaran HAM, dosa partai politik dan militer, kebijakan politik, dan ekonomi sebelumnya, disintegrasi bangsa diberbagai daerah, seperti bom waktu yang akhirnya siap meledak.

Tidak ada komentar: