Powered By Blogger

welcome

welcome di website pribadi ALFI ASYURA
zwani.com myspace graphic comments




e-mail : alfi_aja1989@yahoo.co.id atau alfi.asyura@gmail.com
friendster : alfi89@gmail.com




anda boleh membaca blog ini dan mengcopy nya..selamat membaca..

Selasa, 10 Juni 2008

ABSTRAKSI PROSES PENDAFTARAN MAHASISWA BARU AL-AZHAR SISTEM TAWKIL BEASISWA

ABSTRAKSI PROSES PENDAFTARAN MAHASISWA BARU AL-AZHAR SISTEM TAWKIL BEASISWA

Proses pendaftaran pelajar/mahasiswa Al-Azhar tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya saja untuk program S-2 langsung ditangani oleh pihak KBRI (Atdikbud).
I. Berkas dan Persyaratan yang Diperlukan

1. Ijazah (asli)

2. Transkip Nilai (asli)

3. Akta Kelahiran (asli)

4. Fotokopi-fotokopi :

• Ijasah beserta terjemahannya 6 lembar

• Transkip nilai 6 lembar

• Akte Kelahiran 6 lembar

• Pasport 7 lembar

5. Pas photo ukuran 4 X 6 sebanyak :

a. 20 lembar untuk MABA beasiswa dengan rincian sbb.:

       7 lembar untuk pendaftaran ke maqtab tansiq di Muraqib
       3 lembar untuk lapor diri ke Konsuler
       3 lembar untuk lapor pendidikan ke Atdikbud KBRI
       3 lembar untuk PPMI
       2 lembar untuk PMIK
       2 lembar untuk orientasi


b. 14 lembar untuk MABA non-Beasiswa (untuk lapor diri dan lapor pendidikan dilakukan sendiri oleh MABA yang bersangkutan ketika sudah datang ke Mesir).

6. Formulir identitas pribadi yang sudah diisi secara lengkap (nama lengkap; tempat dan tanggal lahir; alamat lengkap di Indonesia; jenis kelamin; jenjang pendidikan; nama dan pekerjaan kedua orang tua; alamat orang tua; dan nama kakek)

7. Isian Formulir pemilihan tiga fakultas pilihan yang diprioritaskan

II. Waktu dan Tempat Pendaftaran

Waktu pendaftaran mulai tanggal 1 s/d 30 September setiap tahun, bertempat di Kantor Urusan Mahasiswa Asing, pada Islamic Research Academy Al Azhar di Nasr City Cairo.


III. Kronologi Proses Pengurusan

1. Penterjemahan Berkas

a.Menterjemahkan Ijazah, Transkip Nilai, Akte Kelahiran ke dalam Bahasa Arab.

b.Semua berkas di atas diterjemahkan kecuali yang sudah berbahasa Arab.

c.Dalam penerjemahan Ijazah, panitia menggunakan satu format dengan menyamakannya sebagai Madrasah ats-Tsanawiyyah al-Hukumiyyah (format KBRI).

2. Legalisasi Berkas ke KBRI

a. Melegalisir Ijazah asli, Transkip Nilai asli dan Akte Kelahiran asli (disertakan pula fotokopinya masing-masing tiga rangkap)

b. Melegalisir terjemahan Ijazah dan Transkip Nilai (kecuali yang sudah berbahasa Arab), dan terjemah Akte Kelahiran (masing-masing rangkap tiga)

c. Ijazah, Transkip Nilai, dan Akte Kelahiran dilegalisir oleh kantor Konsuler Atdikbud
(tempatnya district 9 madinat nasher seberang mahatoh Gamie dengan Ibu Nela),
sedangkan Ijazah dan Transkip Nilai (kecuali Akte Kelahiran) dilegalisir di Atdikbud
oleh Bapak Anwar dengan meninggalkan satu berkas masing-masing MABA sebagai
arsip.

Ket. :Pelaksanaan legalisir di Atdikbud KBRI khusus Maba Beasiswa bisa dilakukan oleh panitia sendiri guna mempercepat proses yang lainnya.


3. Legalisasi Berkas ke Kharijiyyah (Kementerian Luar Negeri Mesir)

Adapun berkas-berkas yang harus dilegalisir oleh pihak Kharijiyyah sebagai berikut:

a. Melegalisir Ijazah asli yang sudah berbahasa Arab dan sudah dilegalisir oleh KBRI dengan biaya Le. 11,00.

b. Melegalisir Ijazah asli yang tidak berbahasa Arab beserta terjemahan Arabnya dengan biaya Le. 11,00 x 2 lembar = Le. 22,00.

4. Persiapan Pemu'adalahan Ijazah

Setelah semua berkas dilegalisir oleh KBRI dan Kharijiyyah, panitia segera mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan untuk proses pemu'adalahan Ijazah. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

a. Surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh KBRI yang dibawa oleh Mandub Sifaroh untuk mempermudah proses pemu'adalahan Ijazah dan sebagai langkah awal prose pemuadalahan.

b. Tholab Mu'adalah yang sudah dibubuhi damghoh 'adiyah (materai biasa) sebesar Le. 1,00

c. Ijazah Asli yang sudah dilegalisir oleh KBRI dan Khorijiyah dan sudah dibubuhi damghoh 'adiyah (materai biasa) sebesar Le. 1,00 beserta terjemahannya (khusus Ijazah asli yang berbahasa Indonesia) yang sudah dilegalisir oleh KBRI dan Kharijiyyah.

d. Fotokopi Ijazah Asli dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI dan Khorijiyah sebanyak satu rangkap.

e. Fotokopi Transkip Nilai dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI sebanyak dua rangkap.

f. Fotokopi Akte Kelahiran dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI sebanyak satu rangkap.

g. Fotokopi paspor sebanyak satu rangkap.

Ket. : Semua berkas di atas dimasukkan ke dalam map plastik terbuka dan di klip, kecuali Ijazah asli dan terjemahannya serta satu rangkap fotokopi Transkip Nilai.Untuk berkas yang sudah berbahasa Arab dengan persyaratan seperti di atas tanpa menyertakan terjemahannya lagi.

5. Pemu'adalahan Ijazah di Muraqib

Setelah semua persyaratan dilengkapi, berkas di bawa ke Muraqib untuk di mu'adalahkan. Pemu'adalaan ini dilaksanakan di Muraqib lantai 4 bagian Ta'dil Ijazah oleh Ust. Muhammad Sa'dawi di depan ruang Mudir 'Am (Ust. Fauzi Abdus Sami' Zidan). Berkas yang sudah masuk akan dicatat oleh pihak Muraqib di buku induk dan Ijazahnya akan dicek apakah termasuk Syahadah yang Mu'adalah atau tidak, jika termasuk Syahadah yang sudah dimu'adalahkan maka akan diberikan keterangan di balik Syahadah asli dan ditandatangani oleh Ust. Samir, Ust. Raf'at dan Mudir 'Am Ust. Fauzi setelah itu langsung distempel. Syahadah yang sudah distempel kemudian difotokopi bolak-balik dan diserahkan ke Ust. Samir sebagai arsip.

Ket. :Semua berkas yang dimasukkan ketika proses pemu'adalahan Ijazah akan diambil oleh bagian Ta'dil di Muraqib kecuali Ijazah asli dan terjemahannya, dan akan dikembalikan ke panitia setelah diTa'dil guna persiapan pendaftaran selanjutnya.

6. Persiapan Pendaftaran

Dalam sistem tawkil pada tahun ini, pembelian Madzruf ditangani langsung oleh pihak Atdikbud KBRI yang seberlumnya akan ditanyakan jumlah yang dibutuhkan, sedangkan untuk pemu'adalahan Ijazah dan Tansiq Qobul ditangani oleh panitia.

Berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk pendaftaran ke Maktab Tansiq Qobul :

a. Madzruf (berkas pendaftaran) yang sudah diisi lengkap.

b. Bithoqoh Ikhtiyar yang sudah diisi dan ditempeli stiker lengkap (warna biru muda untuk Tholib dan kuning untuk Tholibah).

c. Fotokopi Bithoqoh Ikhtiyar 2 (dua) rangkap yang telah diisi lengkap (dengan kertas ukuran A 4).

d. Tholab Iltihaq bi Kulliyyah (berwarna merah muda) yang telah dibubuhi damghoh (materai) senilai Le. 20,00

e. Bayanat Tholib Wafid Mustajid (berwarna putih) yang dibubuhi damghoh 'adiyah (materai biasa) senilai Le. 1,00 serta ditempeli pas photo 4 x 6 satu lembar.

f. Ijazah asli dan terjemahannya yang sudah dimu'adalahkan.

g. Transkip Nilai asli dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI.

h. Akte Kelahiran asli dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI.

i. Fotokopi Ijazah dan terjemahannya yang sudah dimu'adalahkan sebanyak 2 rangkap.

j. Fotokopi Transkip Nilai dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI sebanyak 2 rangkap.

k. Fotokopi Akte Kelahiran dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh KBRI sebanyak 2 rangkap.

l. Pas photo 4 x 6 sebanyak 7 lembar (satu ditempel pada Bayanat Wafid Mustajid).

m. Fotokopi paspor sebanyak 3 rangkap.

n. Semua persyaratan di atas dimasukkan ke dalam Madzruf.

Ket. : § Panitia membeli Madzruf (berkas pendaftaran) padap pihak KBRI seharga Le. 31,50 yang berisi :

Bitoqoh Ikhtiyar; Tholab Iltihaq bi Kulliyyah; Bayanat Tholib Wafid Mustajid; stiker pilihan fakultas; dan sebuah buku panduan untuk MABA.

§ Pengisian Madzruf (berkas pendaftaran) MABA Beasiswa dilakukan oleh panitia. § Bitoqoh Ikhtiyar di dalam Madzruf untuk Tholib yang berwarna biru muda, dan untuk Tholibah yang berwarna kuning.

7. Pendaftaran ke Maktab Tansiq Qobul

a. Madzruf yang sudah berisi berkas-berkas lengkap dikelompokkan menjadi dua (kelmpk. Madzruf Tholib dan kelmpk. Madzruf Tholibah)

b. Madzruf diserahkan kepada Ust. Sya'dawi dan dibawa ke petugas pencatat Ishol di tiga ruangan : ruangan 1) Ust. Hosam, dkk; ruangan 2) Ust. ……. ; ruangan 3) Ust. Nabil, dkk.

c. Setelah semuanya selesai, panitia pulang dan tinggal menunggu keluarnya Ishol (bukti pendaftaran) yang akan diserahkan oleh Ro'is Tansiq (Ust. Raf'at).

8. Penerimaan Ishol (Kwitansi Bukti Pendaftaran)

Setelah Ishol diterima oleh panitia melaliui mandub sifarah, difotokopi satu rangkap sebagai arsip dan yang asli dibagikan langsung kepada MABA yang mendapatkan Beasiswa dan untuk MABA non-Beasiswa diserahkan kepada Mitra Mediator, yang selanjutnya meminta Khittob (surat pengantar) dari Atdikbud KBRI untuk direkomendasikan ke Depag dalam pemberian visa di Kedutaan Mesir di Indonesia dan surat pengantar dari DPP-PPMI jika dibutuhkan.

9. Setelah Kedatangan MABA

a. Lapor Diri ke Konsuler KBRI Mengisi blangko pendaftaran warga Negara Indonesia di Mesir yang§ berwarna kuning Fotokopi Ijazah, Transkip Nilai dan Akte Kelahiran masing-masing satu§ rangkap Paspor asli untuk mendapatkan stempel bukti Lapor Diri§ Fotokopi paspor satu lembar§ Pas photo 4 x 6 sebanyak 3 lembar§ Semua berkas di atas dimasukkan ke dalam map terbuka warna merah dan§ diklip yang kemudian diserahkan ke bagian Konsuler KBRI (Ibu Nela atau Bapak Fadholan).

b. Lapor Pendidikan ke Atdikbud KBRI § Mengisi 3 formulir dari Atdikbud (P1, P2 dan P3) yang berwarna putih § Fotokopi Ijazah, Transkip Nilai dan Akte Kelahiran masing-masing satu rangkap § Paspor asli untuk mendapatkan nomor Pendidikan dan stempel sebagai bukti Lapor Pendidikan § Fotokopi paspor sebanyak satu lembar § Pas photo 4 x 6 sebanyak 3 lembar

§ Semua berkas di atas dimasukkan ke dalam map dan diklip yang selanjutnya diserahkan ke bagian Atdikbud (Bapak Ahlidin)

1 komentar:

Sry rahayu said mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda